Jumat, 25 Juni 2010

Web Usability IlmuKomputer.com Part 2 dari 3

Website IlmuKomputer.com merupakan sarana bagi para pelajar yang ingin tahu lebih banyak tentang dunia kpomputer baik segi pemrograman, jaringan, dll. berikut ini adalah screenshoot halaman awal website ini:


1. Logo Website
Di halaman pertama agak membingungkan untuk pengunjung baru, disitu tidak terdapat perbedaan antara logo dan tulisan lain. dan sebaiknya logo itu kalau di klik masuk ke halaman utama yang berisi sekilas informasi tentang web ini. Dalam website ini semuanya langsung terbagi 4 sub halaman dan tidak ada halaman utama yang menjadi wadah keempat sub menu tersebut. Setiap sub menu tidak mencantumkan logo semua, hanya dua sub menu yang mencantumkan, itupun tata letaknya jauh berbeda, yang IT Training di pojok kanan, sedangkan yang menu Sharing di pojok kiri.

2. Link
Di keempat sub menu tersebut warna link, garis bawah pada link sangat beragam. Hal ini jelas akan membuat user susah membedakan yang mana yang bisa di klik atau tidak. Di bagian University warna link sama tapi ada link yang di garis bawahi dan ada juga yang tidak, pada sub menu kedua yaitu IT Training link pada berbagai course sudah sama dan seragam, pada bagian menu ketiga Sharing juga warna sudah sama dan teks link bergaris bawah. Sedangkan menu terakhir yaitu Blogging cukup beragam juga, ada yang begitu mouse didekatkan langsung contrast, tapi ada juga yang tidak yaitu pada judul artikel yang padahal bisa di klik tapi tidak ada ciri sebuah link sebagaimana mestinya

3.Optimasi Whitespace
Desain Halaman Utama yang hanya mengandung logo, dan empat submenu itu sangat banyak memperlihatkan whitespace, padahl di halaman utama orang butuh penjelasan dari keempat menu tersebut dan kenyataanya tidak ada penjelasan sedikitpun dengan halaman seluas itu.

4. Breadcrumb
Dari mulai halaman utama sampai keempat menu tersebut tidak ada ciri khas yang jelas tiap halaman yang memudahkan user sedang berada dimana, user harus mencari tahu sendiri dari satu halamn tersebut bahwa dia ada dimana, seharusnya ada ciri khas yang jelas bahwa dia berada pada halaman mana dan mulai dari halaman utama sampai submenu ciri khasnya sama.

3 komentar:

Tri Setiowati mengatakan...

Pada saat pertama kali mengakses website ini kita dihadapkan pada 4 pilihan, tapi jika kita sudah memilih virtual university misalnya dan tiba-tiba kita ingn masuk ke knowledge sharing kita harus mengakses ilmukomputer.com lagi dari awal. Hal ini dapat menyusahkan user.

Nice post :D

yudizious mengatakan...

harusnya di halaman awal latarnya jangan putih, pakai warna yang sekiranya dapat menarik user...

yudizious,
http://yuridhisk07.student.ipb.ac.id/

pungki ari wibowo mengatakan...

halaman awalnya terlalu simpel, coba lo aga rame pasti keren...

Posting Komentar